in , , , ,

Analisis: Catalunya Merdeka, Liga Mana Yang Pantas Bagi Barcelona Untuk Berkompetisi?

Nasib Barcelona di La Liga tergantung pada kemerdekaan Catalunya dari Spanyol. Ada beberapa klub yang masuk zona Catalunya yang sekarang bermain La Liga seperti Barcelona, Espanyol, dan Girona. Jika Catalunya merdeka, mereka terancam tidak bisa tampil di La Liga karena Dewan Legislatif Spanyol tidak memperbolehkan tim dari negara lain selain dari Andorra untuk berlaga di La Liga.

Maka dari itu, klub – klub Catalunya bisa menggunakan alternatif bermain di Liga top Eropa lainnya seperti La Liga, Serie A, Ligue 1 atau Premier League. UEFA pun tidak melarang Liga memainkan tim yang bukan dari negaranya. Contohnya As Monaco yang bermain di Ligue 1, Swansea dan Cardiff City yang bermain di Premier League.

#1 Premier League – Liga Inggris

Barcelona memang sedang dikaitkan dengan Liga Premier League apabila terusir dari La Liga. Kualitas dan kultur kompetisi dinilai cocok dengan permainan Blaugrana. Liga Premier Inggris merupakan contoh Liga modern dimana setiap tim memiliki peluang untuk menjadi juara. Variasi taktik dan strategi juga diterapkan disini. Selain itu, saat ini Premier League sedang menjadi sarangnya pelatih top Eropa seperti Jose Mourinho, Pep Guardiola dan Antonio Conte.

Apalagi Blaugrana masuk sudah tidak terbayang bagaimana ketatnya Premier League ini sendiri.

3 Poin
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

JANGAN LEWATKAN •
Catalunya Merdeka, Barcelona Bisa Main Di Liga Inggris?

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

#2 Serie A – Liga Italia

Serie A juga memiliki kondisi geografis yang dekat dengan Barcelona. Apalagi, Serie A cukup kompetisi dengan adanya Juventus, AS Roma, Inter Milan, AC Milan dan Napoli. Namun, Juventus tetap tak terbendung di Serie A karena kurang konsistensinya tim – tim lainnya. Masuknya Barcelona dapat membuat Juventus tak nyaman dan bahkan bisa menjadi La Liga nya Italia.

Cuma, karakteristik permainan di Serie A yang keras membuat Barcelona juga harus memikirkan hal ini. Agak sulit nampaknya, Barcelona yang memainkan bola – bola pendek melawan karakter permainan lawan yang keras dengan mengandalkan pertahanan yang kuat.

Saat ini, Serie A sendiri juga menerima klub dari San Marino jadi ada peluang Blaugrana untuk bisa bermain di sana.

1 Poin
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

#3 Ligue 1 – Liga Prancis

Ligue 1 juga menjadi alternatif Barcelona untuk berkompetisi. Apalagi secara geografis Barcelona dengan Perancis berdekatan. Karakteristik Ligue 1 dengan La Liga hampir sama. Saat ini, hanya PSG dan AS Monaco menjadi raksasa di liga perancis tersebut. Namun, Ligue 1 punya kekurangan yaitu permainan uang oleh investor baru berpengaruh pada kompetisi. Lihat saja, Paris Saints Germain dan AS Monaco merupakan klub yang tiba-tiba menjadi raksasa ketika investor menyuntikan dananya ke club. Bahkan, AS Monaco baru saja promosi ke Ligue 1 pada tahun 2013 lalu. Club seperti Olympics Lyon dan Olympics Marseille pun tak kuat membendungnya. Padahal beberapa tahun lalu Lyon dan Marseille sering mewakili Ligue 1 di Liga Champions.

JANGAN LEWATKAN •
La Liga Tolak Klausul Pelepasan Neymar Karena Anggap PSG Cederai Financial Fair Play

1 Poin
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

#4 LaLiga – Liga Spanyol

Walaupun saat ini, La Liga melarang negara lain berkompetisi di Liganya kecuali dari negara Andorra. Namun, mungkin La Liga harus berpikir dua kali untuk mengeluarkan Barcelona dari La Liga jika Catalan resmi merdeka.

Banyak kerugian yang akan diterima La Liga tanpa Barcelona. Pastinya tidak akan ada lagi yang namanya El Clasico. Padahal, El Clasico sendiri memberi pemalu total 450 juta euro. Itu semua berasal dari pemasukan iklan sponsor dan hak siar pertandingan El Clasico. Itu belum penghasilan penjualan tiket yang musim lalu tercatat ada 98.485 penonton saat di Camp Nou dan 82.297 penonton di Santiago Bernabue. Selain kerugian finansial, keluarnya Barcelona dapat mengurangi daya tarik La Liga serta berpengaruh pada kualitas kompetisi.

JANGAN LEWATKAN •
Tottenham Hotspur Tertarik Pinang Anak Diego Simione Untuk Diproyeksikan Gantikan Harry Kane

Menurut analisis saya, La Liga tetap ingin mempertahankan Barcelona dengan cara apapun. Bisa saja, Barcelona dipaksa untuk berpindah kota yang berada di Spanyol seperti yang lumrah dilakukan di Indonesia. Namun, hal itu terasa tak mungkin karena Barcelona sudah kental dengan Catalan. Basis pendukung nya juga disana. Apalagi Camp Nou yang merupakan Stadion sepakbola dengan kapasitas terbanyak kedua di dunia tak bisa ditinggalkan begitu saja.

1 Poin
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 66.666667%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 33.333333%

Artikel ini Dibuat Menggunakan Layanan Komunitas Pamarta. Ayo Berbagi Konten Sepakbola Kepada Dunia! Buat Postinganmu Sekarang!

Postingan OlehKautsar Juhari

Milanisti Yang Berharap Paolo Maldini Menyuntikkan Semangat Juara Ke Generasi Baru Rossoneri.

Tinggalkan Balasan

Loading…

Gabung Dalam Percakapan

Komentator

- Berikan Nilaimu untuk Konten ini -

0 Poin
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%