LaLiga – Liga Spanyol (4/5)

Walaupun saat ini, La Liga melarang negara lain berkompetisi di Liganya kecuali dari negara Andorra. Namun, mungkin La Liga harus berpikir dua kali untuk mengeluarkan Barcelona dari La Liga jika Catalan resmi merdeka.

Banyak kerugian yang akan diterima La Liga tanpa Barcelona. Pastinya tidak akan ada lagi yang namanya El Clasico. Padahal, El Clasico sendiri memberi pemalu total 450 juta euro. Itu semua berasal dari pemasukan iklan sponsor dan hak siar pertandingan El Clasico. Itu belum penghasilan penjualan tiket yang musim lalu tercatat ada 98.485 penonton saat di Camp Nou dan 82.297 penonton di Santiago Bernabue. Selain kerugian finansial, keluarnya Barcelona dapat mengurangi daya tarik La Liga serta berpengaruh pada kualitas kompetisi.

Menurut analisis saya, La Liga tetap ingin mempertahankan Barcelona dengan cara apapun. Bisa saja, Barcelona dipaksa untuk berpindah kota yang berada di Spanyol seperti yang lumrah dilakukan di Indonesia. Namun, hal itu terasa tak mungkin karena Barcelona sudah kental dengan Catalan. Basis pendukung nya juga disana. Apalagi Camp Nou yang merupakan Stadion sepakbola dengan kapasitas terbanyak kedua di dunia tak bisa ditinggalkan begitu saja.

Postingan OlehKautsar Juhari

Milanisti Yang Berharap Paolo Maldini Menyuntikkan Semangat Juara Ke Generasi Baru Rossoneri.

Tinggalkan Balasan

Loading…

Gabung Dalam Percakapan

Komentator

- Berikan Nilaimu untuk Konten ini -

1 Poin
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 66.666667%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 33.333333%