Pemain Indonesia
in ,

Inilah 5 Pemain Indonesia Yang Pernah Berkarir Di Eropa

Eropa adalah kiblat bagi olahraga sepakbola saat ini. Tak heran hingga saat ini Eropa tempat impian bagi para pesepakbola di seluruh dunia. Begitupun bagi para pemain Indonesia. Tapi sejauh ini, baru sedikit yang benar-benar bisa berkarier di sana. Siapa saja? Berikut adalah 9 Pemain Indonesia yang pernah merumput di Eropa.

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Setelah menjalani satu musim bersama tim PSSI Primavera di ajang Serie-C2, nama Kurniawan langsung mencuri perhatian banyak klub Eropa. Namun, Sampdoria sebagai tempat belajar Kurniawan lah yang akhirnya merekrutnya. Tapi sebelum berhasil mencatatkan debut bersama Sampdoria, pemain berjuluk ‘Kurus’ itu dipinjamkan ke salah satu klub kasta tertinggi Swiss, FC Luzern.

Bersama FC Luzern, si kurus ini berhasil mencatatkan namanya sebagai orang indonesia pertama yang berhasil mencetak gol dikompetisi level tertinggi eropa. Ia mencetak gol ke gawang klub raksasa Swiss lainnya, FC Basel. Pada musim berikutnya, Kurniawan kembali ke klub sampdoria, namun sayangnya di klub ini ia tidak bisa menampilkan performa terbaiknya. Hingga akhirnya pada tahun 1996 si kurus kembali ke Indonesia dan bermain untuk Pelita Jaya.

2. Kurnia Sandy

Sama dengan Kurniawan, Kurnia Sandy juga bergabung dengan tim asal Italia, Sampdoria. Ia mendapatkan kontrak resmi 1 tahun pada tahun 1996/97 di bawah asuhan Sven-Goran Eriksson. Sayangnya, kala itu mantan kiper timnas Indonesia ini hanya menjadi kiper keempat dan tak pernah bermain di kompetisi resmi untuk Sampdoria. Hanya bertahan satu musim, di musim berikutnya Kurnia Sandy memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan juga bermain untuk Pelita Jaya.

JANGAN LEWATKAN •
Daftar 7 Striker Timnas Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

3. Bima Sakti

Berbeda dengan dua rekannya yang lain, Bima Sakti bersama PSSI primavera justru berhasil mencuri perhatian klub dari luar Italia. Bima Sakti bergabung dengan klub asal Swedia, Helsinborg pada musim 1995/96. Namun sayangnya karier Bima Sakti di negeri Zlatan Ibrahimovic itu tak berlangsung lama. Dirinya hanya bertahan semusim dan kemudian kembali pulang ke Indonesia untuk juga memperkuat Pelita Jaya.

4. Arthur Irawan

Arthur Irawan bergabung dengan klub asal Spanyol, Espanyol B pada tahun 2011. Arthur berhasil mencatatka delapan penampilan bersama Espanyol B, sebelum akhirnya ia pindah ke klub spanyol lainnya, Malaga B pada tahun 2013.

Mencatatkan delapan penampilan bersama Espanyol B, pada musim 2013/14 Arthur kemudian hengkang ke klub Spanyol lain, Malaga B. Namun di Malaga B, pemain kelahiran Surabaya ini juga hanya bertahan satu musim hingga kemudian pada awal musim 2014/15 Arthur hengkang ke Belgia setelah dipinang Waasland-Beveren. Sayangnya, di Belgia pun Arthur hanya bermain satu kali kala timnya kalah atas KV Mechelen. Saat ini Arthur telah pulang ke Indonesia dan sedang dipinjamkan ke Borneo FC dari Persija Jakarta.

5. Ezra Walian

Ezra Walian
Ezra Walian bergabung dengan klub divisi II Liga Belanda, Almere City (Foto : Liputan6)

Pemain bernama lengkap Ezra Harm Ruud Walian ini adalah pemain sepak bola keturunan Indonesia yang saat ini telah di naturalisasi menjadi WNI. Ia pernah bermain untuk tim muda ajax pada musim 2012-2016. Ezra sempat menjalani trial di tim muda West Ham United Agustus lalu. Sebelum akhirnya ia kini bergabung dengan klub divisi II Liga Belanda, Almere City FC.

Tinggalkan Balasan

Loading…

Gabung Dalam Percakapan

Komentator

- Berikan Nilaimu untuk Konten ini -

3 Poin
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%